10 Cara Ngepet Halal

Babi Ngepet (Ilustrasi)

Di jaman yang serba teknologipun, pemahaman beberapa segmen masyarakat masih diliputi pikiran mistisius. Layaknya fenomena yang baru-baru ini terjadi. Seorang  bisa saja mengatakan tetangganya ngepet karena penghasilan tinggi di tengah usaha yang terlihat tidak seberapa.

Bidang pekerjaan saat ini tidak hanya bersifat fisik. Sejak adanya teknologi internet, berbagai segmen pekerjaan bermunculan utamanya di bidang ekonomi kreatif. Mulai dari broadcasing, pemasaran digital, design produk, animasi, fotografi, dan yang lainnya. Pekerjaan-pekerjaan tersebutlah yang di-claim segelintir orang adalah ngepet. Namun walaupun demikian, kita arahkan saja pemikiran mistisus itu dengan kreatif yaitu mengatakan pekerjaan tersebut adalah ngepet halal.

Gamer

Gamer mendapatkan penghasilannya melalui endorsment. Selain itu, gamer bisa saja ketiban rejeki seablek karena menjadi influencer game-game baru yang mereka promosikan. Kadang gamer juga mendapat pundi-pundi dollar melalui live Youtube saat mereka bermain. Cara lain adalah dengan menjual item pada game seperti senjata, pakaian, dan kendaraan. Namun, untuk menjadi gamer yang populer, dibutuhkan kesabaran yang dalam. Jika tidak, maka gamer tersebut akan terjerumus hanya menjadi konsumen semata.

Web Designer

Saat kalian berselancar di internet dan membaca artikel, terkadang kalian tanpa sadari tertarik oleh tampilan halaman tersebut. Tampilan yang menarik tersebut adalah karya dari para web designer. Mereka mengkolaborasikan kode, simbol, tanda baca dalam bentuk HTML dan CSS sehingga kita bisa nikmati bersama. Biasanya, para web designer mendapatkan penghasilan dari menjual design mereka. Semakin cantik dan elegan tampilannya, maka semakin besar harga design webnya. Namun, mendesign web pelu mengikuti perkembangan jaman. Saat ini, justru design yang diminati para netizen adalah design yang simpel dan responsif serta cepat dan mudah diakses.


Content Creator

Jika mendengar kata konten kreator, maka arah pikiran kita adalah para Youtuber. Walaupun tidak mewakili kata tersebut sepenuhnya, sedikit tidaknya anggapan tersebut cukup mengena. Para youtuber mendapatkan penghasilan dari Adsense. Adsense mereka daftarkan setelah melalui proses verifikasi oleh Google. Info terakhir yang saya dengar, ketika konten video mereka ditonton sebanyak 15.000 kali, maka penghasilan yang masuk ke Adsense adalah sekitar 1,5 juta rupiah. Bayangkan penghasilan Youtuber yang memiliki jumlah penonton jutaan kali. Kalian bisa membuat Youtube dengan gratis.

Trader Crypto

Jika kalian mempunyai penghasilan lebih, tidak salahnya mengikuti pekerjaan yang berikut ini. Saat ini tengah marak jual beli koin digital seperti Bitcoin. Bahkan Bitcoin saat ini bisa dipakai sebagai alat tukar. Cara mainnya adalah kalian membeli crypto misalnya Bitcoin. Setelah menunggu beberapa waktu misal jangkauan bulan, maka nilainya bisa saja bertambah. Nah, saat bertmbahnya nilai cyrpto kalin bisa dijual dan mendapat keuntungan. Budget bisa dimulai dari 500 ribuan sampai miliaran rupiah. Kalian bisa bermain crypto di Paxful.

Programmer

Apakah kalian pernah memperhatikan sistem kasir di Indomaret? Atau sistem ATM, Parkir di Bandara dan game-game yang keren?
Sistem-sistem tersebut dibuat oleh para programmer. Betapa besarnya rupiah yang diraih jika program kita itu dibeli dan bermanfaat bagi banyak orang. 


Saham

Menaruh secara online uang kita sebagai saham di perusahaan juga bisa saja disebut ngepet. betapa tidak, kita memang terlihat santai karena uang kita yang bekerja. Kita hanya perlu mengecek bagaimana dinamika usaha yang kita tanamkan saham. Kegiatan ini tidak memerlukan tenaga dan fisik yang begitu mempuni. Namun perlu memperhatikan situasi dan kondisi serta strategi yang jitu.


Design Grafis

Reklame, spanduk, banner yang kalian lihat dijalan maupun infografis di internet adalah ulah dari para designer grafis. Mereka mendapatkan penghasilan karena skill mereka dalam mendesign tampilan gambar dan grafis. Jangan salah, bahkan design kemasan Indomie yang kalian makan tadi malam adalah buah karya dari designer grafis.


Konsultan

Mengkonsultasikan berbagai hal seperti pendidikan, kesehatan, bisnis, dan olahraga saat ini bisa dilakukan dengan media sosial. Jadi para konsultan tidak perlu datang secara fisik ke client mereka. Penghasilan pra konsultan inipun tidak main-main. Namun memang sebelumnya mereka harus membangun citra kompetensi yang baik. Di Bali, konsultan minumanpun ada dan banyak yang berangkat ke kapal pesiar dan digaji tinggi.


Bisnis Online

Menjual barang saat ini tidak memerlukan warung dan gudang khusus. Untuk usaha kecil dan mikro, penyimpanan barang/produk dapat dilakukan di rumah. Kemudian promosi bisa lakukan di berbagai marketplace seperti Lazada, Blibli, Tokopedia, dan lainnya.


Digital Marketer

Digita marketer yang marak saat ini adalah bisnis online. Saya arahkan pembahasan ke digital marketer lebih pada situs pribadi yang kalian miliki. Misalnya kalian sebagai reseller, kemudian barang tersebut dipromosikan ke situs sehingga penghasilan langsung masuk ke rekening kalian.