Contoh PTK Penelitian Tindakan Kelas untuk Tugas PPG

PPG memang bertujuan menciptakan Guru yang profesional. Keprofesionalitasan Guru terukur dari 4 kompetensi utama Guru yaitu pedagogik, kepribadian, sosial dan profesionalitas. Guna mengukur kompetensi tersebut, maka terdapat beberapa instrumen salah satunya adalah karya ilmiah. 

Karya ilmiah yang bisa dilaksanakan Guru adalah penelitian tindakan kelas (PTK). PTK memiliki ciri khusus dibandingkan penelitian lain. PTK menekankan bahwa objek penelitian yang juga merupakan subjek yang memiliki karakteristik (latar belakang) yang unik. Maka dalam pembelajaran diperlukan perlakuan-perlakuan yang variatif untuk menyesuaikan dengan latar belakang tersebut. 

Kembali pada pembicaraan PPG. Pada tahap akhir di UKMPPG, mahasiswa diminta untuk melengkapi portofolio. Portofolio tersebut mengharuskan beberapa hal. Karya ilmiah berupa publikasi PTK sebaiknya dilengkapi karena memiliki bobot yang lumayan. Maka dari itu, jauh-jauh hari sebelum mengikuti PPG sebaiknya calon mahasiswa mempersiapkannya dengan baik. Nah, penulis dalam hal ini berharap contoh yang diberikan dapat menginspirasi sehingga kegiatan penelitian dan PPG Bpk/Ibu sekalian berjalan lancar. Terdapat juga Contoh best practise yang bisa dipelajari.

Selamat belajar.

Penelitian Tindakan Kelas



Best Practise