KOMPONEN PETA (Map Components)



Peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil menggunakan skala dan simbol-simbol tertentu. Peta dalam Bahasa Inggris disebut dengan map, yang berasal dari Bahasa Yunani “mappa”, yang berarti taplak meja. Dalam konteks kartografi, kata tersebut menunjukkan penutup permukaan (peta) yang hakikatnya mempelajari permukaan-permukaan bumi yang terdiri atas berbagai kenampakan baik alam maupun buatan manusia. Suatu peta terdiri atas komponen-komponen peta.  Komponen peta adalah komposisi atau unsur-unsur peta. Keberadaan unsur-unsur peta ditentukan oleh tujuan dan isi peta itu sendiri. Maka dari itu, atas dasar tujuan dan segi praktisnya, tidak sama dan tidak semua unsur tersebut digambarkan. Namun pada intinya, semakin lengkap komponen pada peta, maka semakin baik peta tersebut. Guna lebih memahami komponen peta, berikut ini penjelasan tiap-tiap komponen peta dengan me-review peta berikut ini.
(Sumber: BIG, 2017 http://www.bakosurtanal.go.id/assets/download/nkri/NKRI5jt.jpg)

1.      Judul Peta
Judul peta merupakan kumpulan beberapa kata yang dimuat dalam peta dan berfungsi untuk menggambarkan isi dari peta dan lokasinya. Setiap peta harus memiliki judul agar mudah dimengerti. Biasanya, judul peta diletakan di bagian paling atas peta dengan ukuran huruf yang paling mencolok. Semakin lengkap keterangan yang ada pada judul peta, maka semakin terarah pemikiran pembaca peta terhadap isi peta.
Judul Peta di atas adalah:


2.   Muka Peta
Muka peta merupakan gambaran permukaan bumi isi dari sebuah peta. Yang menjadi pembatan muka peta adalah sebuah garis yang menjadi batas astronomis terluar suatu peta. Muka Peta pada Peta di atas adalah:

3.   Skala Peta
Skala peta merupakan penciri utama dari peta. Sala ialah angka perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak sebenarnya di lapangan. Melalui skala, seorang pembaca peta dapat menentukan jarak dan luas suatu wilayah. Berdasarkan jenisnya, ada 3 macam skala peta yaitu:

a.       Skala Angka (Numerik Scale)
Pada peta di atas, hanya terdapat 2 jenis skala yang digunakan yaitu skala angka dan skala grafik. Skala peta di atas adalah 1: 5.000.000 yang artinya 1 cm di peta bebrarti 5 juta cm di lapangan.

b.    Skala Grafik/Skala Garis/Skala Batang/Skala Bar
Peta di atas juga memperlihatkan skala grafik. Skala grafik digambarkan dengan garis lurus yang berisi perbandingan antara jarak pada peta dengan jarak yang sebenarnya. Pada peta di atas, skala grafik menunjukkan 2 cm di peta = 100 km, begitu seterusnya mengikuti garis lurus.
c.  Skala Verbal/Kalimat (Verbal Scale)
Untuk menggambarkan skala pada peta cukup satu atau dua jenis skala saja. Namun untuk lebih memahami macam-macam skala, peta di atas juga bias dibuatkan skala verbalnya. Skala verbal peta di atas dapat berupa (1 cm = 50 km) atau satuan-satuan panjang lainnya seperti mil, inci, kaki, dll.