XI 3.6 Sebaran Keragaman Budaya di Indonesia

Semangat Pagi, semoga sehat dimanapun berada.
Materi ini Pak tujukan kepada anak-anak kelas:
1. XI IPS di SMA Negeri 1 Dawan
2. XI BB di SMA PGRI Blahbatuh

[1] PENDAHULUAN

Pada pembelajaran sebelumnya, kalian sudah mengamati video yang Pak berikan mengenai Pengaruh Kondisi Geografis terhadap Keragaman Budaya Indonesia. Banyak yang sudah menyimak dan memberikan balasan pesan suaranya. Rata-rata tugas yang disetorkan sangat bagus karena sudah sesuai dengan harapan dan kriteria-kriteria penilaian Pak. Bagi siswa yang belum sempat menyimak video, silahkan bisa ditonton pada bagian di bawah.



[2] KEGIATAN INTI

A. SEBARAN KERAGAMAN BUDAYA DI INDONESIA
Bagi siswa yang sudah menonton, mari kita moving on ke materi selanjutnya yaitu mengenai Persebaran Keragaman Budaya di Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan luas laut 3.273.810 km persegi dan daratan 1.919.440 km persegi. Berbagai sumberdaya yang terkandung di dalamnya berpengaruh banyak terhadap budayanya. Dalam Geografi, terdapat satu istilah yaitu Isolasi geografi. Isolasi Geografi adalah batas suatu daerah dengan daerah lain yang disebabkan oleh keadaan seperti laut dan gunung. Akibat isolasi oleh laut misalnya, menyebabkan hambatan dalam pergerakan barang dan orang. Hal tersebutlah yang menyebabkan setiap daerah memiliki karakter budaya yang berbeda. Interaksi masyarakat dengan alam dan sesamanya membentuk pola-pola kegiatan yang unik dan berbeda dengan daerah lain yang memiliki keadaan alam yang lain pula. Sebaran keanekaragaman budaya yang dimiliki Indonesia dapat dilihat melalui berbagai hal berikut:

1. Suku Bangsa
Banyaknya suku bangsa yang ada di Indonesia merupakan kekayaan yang dimiliki negara kita. Setiap pulau dihuni oleh suku bangsa yang memiliki ciri khas kebudayaan masing-masing seperti bahasa, kesenian, religi dan organisasi sosial. Terdapat sekitar 539 suku bangsa yang mendiami wilayah NKRI. Anak-anak dapat melihat peta ini untuk mengetahui nama-nama suku bangsa dan wilayah mereka tinggal di Indonesia.
Gambar 1. Peta Persebaran Suku Bangsa di Indonesia

2. Keragaman Bahasa
Bangsa Indonesia memiliki bahasa nasional yaitu Bahasa Indonesia. Namun, apakah kalian tau terdapat banyak bahasa daerah lain yang juga dilafalkan oleh masyarakat Indonesia? 
Sebagian besar masyarakat Indonesia masih menggunakan bahasa daerahnya sebagai bahasa yang digunakan sehari hari (bahasa ibu). Selama ratusan tahun, masing-masing kebudayaan yang datang memberikan pengaruh akan perbendaharaan kata. Banyak kata yang diadopsi maupun disunting sehingga menjadi bahasa daerah.Terdapat 748 bahasa yang ada di Indonesia. Bahasa daerah yang paling banyak dilafalkan adalah Bahasa Jawa, Bahasa Sunda, dan Bahasa Madura. Mengapa bahasa Jawa adalah bahasa yang paling banyak dilafalkan? Tulis jawaban kalian di kolom komentar dengan menyertakan Nama, No, Kelas.

3. Keragaman Agama
Keragaman agama di Indonesia banyak dipengaruhi oleh kedatangan bangsa asing ke Indonesia. Katakanlah Agama Hindu, banyak dibawa oleh Bangsa India pada abad ke 14. Agama Islam dibawa oleh Bangsa Arab, dan seterusnya. Walaupun demikin, dengan beragamnya agama yang terdapat di Indonesia, justru merupakan kekuatan dan kekayaan bangsa Indonesia. 
Gambar 2. Ilustrasi Keragaman Agama di Indonesia

4. Keragaman Kesenian
Kesenian dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu seni arsitektur, seni tari, seni musik, seni, patung, permainan, sastra, seni lukis, dll. Dalam kesempatan kali ini Pak sampaikan satu contoh kesenian pada bidang permainan daerah/tradisonal yaitu Petak Umpet. Permainan ini pasti pernah kalian mainkan pada masa kanak-kanak. Permainannya cukup sederhana dengan melibatkan minimal 3 orang atau lebih agar lebih seru. Banyak yang memakai analogi maling dan polisi, ada juga analogi kucing dan penjaga. Dalam hitungan 1 sampai 10 maling akan diburu oleh sang polisi. Begitu seterusnya sampai semua yang berperan sebagai maling dapat ditangkap oleh polisi. Dalam permainan ini, sebelumnya secara mufakat akan ditentukan luas wilayah yang dipakai arena permainan. Seorang pemain tidak bisa bersembunyi jauh sampai pulang ke rumahnya. 
Nah itu salah satu contoh yang Pak berikan. anak-anak bisa menjelajah di mesin pencari untuk menemukan secara mandiri bentuk-bentuk kesenian lain yang ada di Indonesia maupun manca negara.

Guna mengembangkan sumber belajar yang inovatif dan fleksibel, Pusat data dan Teknologi Informasi Kemdikbud meluncurkan Aplikasi Rumah Belajar. Anak-anak dapat mengakses fitur tambahan yaitu Peta Budaya untuk menambahkan wawasan budaya yang ada di Indonesia. 


B. PEMBENTUKAN KEBUDAYAAN NASIONAL
Kebudayaan nasional adalah karya warga negara Indonesia termasuk karya pada jaman terdahulu yang diciptakan di wilayah tanah air Indonesia. Tema pikiran dari budaya nasional serta wujudnya mengandung ciri-ciri khas Indonesia. Karya-karya tersebut umumnya dirasakan memiliki nilai yang tinggi sehingga menjadi kebanggan orang Indonesia. Dikarenakan merupakan kebanggaan banyak orang, maka budaya tersebut menjadi identitas nasional. 
Contoh kebudayaan nasional adalah Batik. 
Gambar 3. Bati sebagai Kebudayaan Nasional

Batik adalah kain yang dilukis menggunakan canting dan cairan lilin malam sehingga menciptakan lukisan-lukisan yang benilai seni tinggi. Batik memiliki sejarah kelam dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia yaitu sebagai alat perjuangan ekonomi. Saat ini, sebaran pemakaian batik tidak lagi bersifat domestik, namun sudak merambah manca negara. Pemimpin kita juga sering mengenakan batik mulai dari Presiden Soekarno sampai Presiden Joko Widodo. Dengan masifnya penggunaan batik dari segala aspek oleh stakeholder, hal tersebut memenuhi syarat batik dikatakan sebagai budaya nasional karena menimbulkan kebanggan dan merupakan identitas bangsa Indonesia. Berdasarkan contoh tersebut, apakah kalian bisa mencari satu contoh budaya daerah kalian yang menjadi budaya nasional? Tulis di kolom komentar.

[3] LATIHAN DAN LEMBAR KERJA

Kerjakan Latihan di bawah ini.
Isi identitas misal: XIIIPS2_27_I Pt Putra Megalodon


[4] DAFTAR HADIR

Klik di SINI untuk mengisi daftar hadir.