3.7 (C) Jenis Bencana di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbentang sejauh 5,120 km dari arah barat menuju timur dan 1,760 km dari arah utara ke selatan ekuator. Jumlah pulau yang berada di Indonesia sebanyak 13,667 (sumber lain ada yang menyebut 18,000) dengan 6000 pulau yang dihuni. Dengan total luasan 1,919,317 km2, Indonesia memiliki keanekaragaman sumber daya alam yang melimpah. Dari mulai sumber daya tambang, sumber hayati sampai dengan sumber daya kemaritiman. Indonesia tercatat sebagai negara kedua setelah Brazil pada urutan kekayaan biodiversity. Melimpahnya sumberdaya alam yang ada di Indonesia tidak terlepas dari letak geografis negara ini. Terletak di antara 3 lempeng aktif membuat Indonesia melimpah dengan barang tambang seperti petroleum, timah, gas alam, nikel, tembaga, bauksit, timah, batu bara, emas, dan perak. Selain itu, ratusan pegunungan hasil dari proses pergerakan lempeng ini juga membuat Indonesia memiliki luasan tanah subur yang luas dan merupakan modal pertanian yang sangat produktif.  

Selain potensi diatas, negara Indonesia juga tidak terlepas dari kejadian bencana. Data menunjukan bahwa jumlah kejadian bencana pada satu dekade terakhir ini tergolong tinggi. Berbagai kejadian bencana di Indonesia dilatarbelakangi setidaknya oleh 4 kondisi.
1) kondisi geologis; terletak diantara 3 pergerakan lempeng aktif didunia membuat Indonesia selalu berhadapan dengan bencana gempa bumi, erupsi gunung api, dan tsunami. Selama kurun waktu 15 tahun terakhir, Indonesia menjadi sorotan berita global karena bencana alamnya yang dahsyat yang mengakibatkan kematian ratusan ribu orang dan rusaknya berbagai infrastruktur yang berdampak pada kerugian ekonomi yang besar. Tsunami aceh tahun 2004, gempa Yogyakarta tahun 2006, erupsi Gunung Merapi tahun 2010, erupsi Gunung Kelud tahun 2014 dan yang terakhir erupsi gunung Sinabung yang masih berlangsung sampai dengan hari ini merupakan beberapa contoh kejadian bencana di Indonesia.
2) Kondisi klimatologis yang cenderung tidak normal pada dekade terakhir ini berupa ekstrim basah dan kering, telah menyebabkan berbagai dampak bencana diantaranya bencana banjir dan kekeringan. Setidaknya lebih dari 100 titik kekeringan dan banjir pada setiap tahunnya terjadi di Indonesia.
3) kondisi geomorfologis; konfigurasi relief dari mulai pegunungan sampai dengan dataran pantai membuat Indonesia rentan terhadap bencana longsor sampai dengan bencana banjir.
4) kondisi sosial; jumlah penduduk yang tidak merata menyebabkan penduduk terkonsentrasi pada suatu wilatah tertentu. Hal ini diperparah dengan data yang menunjukan bahwa 120 juta jiwa penduduk Indonesia tinggal di Pulau Jawa yang merupakan daerah rawan multi bencana.  


Indonesia sebagai salah satu negara kepulauan di dunia mempunyai  beberapa letak yang strategis, diantaranya letak geologis, geografis, dan letak astonomis. Secara geologis Indonesia terletak di pertemuan tiga lempang dunia yaitu Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik Lempeng Indo-Australia bertabrakan dengan lempeng Eurasia di lepas Pantai Sumatra, Jawa dan Nusa Tenggara, sedangkan dengan lempeng Pasifik di utara Papua dan Maluku Utara.

Sedangkan letak  astronomis Indonesiayang berada pada  95o BT – 141oBT dan 6oLU – 11oLS berakibat pada penyinaran sinar matahari dan curah hujan  sepanjang tahun. Selebihnya, berdasarkan letak geografis Indonesia terletak diantara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia dan diantara benua Asia dan  benua Australia.  
Berdasarkan uraian posisi letak geologis, letak astronomis dan letak geografisdiatas, menyebabkan Indonesia banyak terlanda bencana dan terkenal sebagai Disaster Country ( negara yang penuh dengan bencana ). Adapun bencana alam alam (natural disaster) yang sering terjadi di Indonesia adalah : 

1) Gempa Bumi
2) Erupsi Gunung Berapi
3) Tsunami
4) Tanah Longsor
5) Banjir
6) Angin Puting Beliung
7) Abrasi
8) Kekeringan
9) Kebakaran Hutan


MITIGASI BENCANA
Anak-anak bisa membaca "buku saku bencana" pada link berikut KLIK DI SINI. Sebagai siswa yang sudah mengetahui konsep bencana, penting untuk melakukan mitigasi bencana terhadap berbagai jenis bencana dimanapun berada. Ada langkah-langkah yang dapat dilakukan yaitu (1) Sebelum Terjadi Bencana, (2) Saat Terjadi Bencana, dan (3) Setelah Terjadi Bencana. 


TUGAS
Komen pada status di Facebook pada link tugas di bawah. Langkah apa yang bisa kamu lakukan untuk melakukan mitigasi bencana?

Contoh: