X 3.1 (A) Ruang Lingkup Geografi

[A] Video Pembelajaran

[B] Materi



1. Ruang Lingkup Geografi
Kata geografi berasal dari geo=bumi, dan graphein=mencitra. Ungkapan itu pertama kali disitir oleh Eratosthenes yang mengemukakan kata “geografika”. Kata itu berakar dari geo=bumi dan graphika=lukisan atau tulisan. Jadi kata geographika dalam bahasa Yunani, berarti lukisan tentang bumi atau tulisan tentang bumi. Istilah geografi juga dikenal dalam berbagai bahasa, seperti:
geography (Inggris), 
geographie (Prancis), 
die geographie/die erdkunde (Jerman), 
geografie/aardrijkskunde (Belanda) dan 
geographike (Yunani).

Berkaitan dengan kemajuan itu, konsep geografi juga mengalami penyempurnaan Ekblaw dan Mulkerne mengemukakan bahwa geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi dan kehidupannnya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan, rumah yang kita huni dan tempat rekreasi yang kita nikmati.

Bintarto (1977) mengemukakan, bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan yang mencitra, menerangkan sifat bumi, menganalisis gejala alam dan penduduk serta mempelajari corak khas mengenai kehidupan dan berusaha mencari fungsi dari unsur bumi dalam ruang dan waktu.

Hasil Seminar Semarang (1988) menyepakati rumusan, bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan atau kelingkungan dalam konteks keruangan.

Aspek geografi meliputi:
a. Geografi fisik
Geografi fisik merupakan gejala fisik di permukaan bumi. Gejala fisik itu terdiri atas tanah, air, udara dengan segala prosesnya. Bidang kajian dalam geografi fisik adalah gejala alamiah di permukaan bumi yang menjadi lingkungan hidup manusia. Oleh karena itu keberadaan cabang ilmu ini tidak dapat dipisahkan dengan manusia.
b. Geografi Manusia/sosial
Geografi manusia obyek kajiannya keruangan manusia. Aspek-aspek yang dikaji dalam cabang ini termaasuk kependudukan, aktivitas manusia yang meliputi aktivitas ekonomi, aktivitas politik, aktivitas sosial dan aktivitas budayanya. Dalam melakukan studi aspek kemanusiaan, geografi manusia terbagi dalam cabang-cabang geografi penduduk, geografi ekonomi, geografi politik, geografi permukiman dan geografi sosial.
Pokok-pokok ruang lingkup geografi menurut Rhoads Murphey (1966) dalam bukunya The Scope of Geography adalah sebagai berikut.
a. Persebaran dan keterkaitan antara penduduk di permukaan bumi dan aspek-aspek keruangan, serta 
    usaha manusia untuk memanfaatkannya.
b. Interelasi antara manusia dan lingkungan fisik merupakan bagian dari studi perbedaan wilayah.
c. Kerangka wilayah dan analisis wilayah secara khusus.


[C] Tugas dan Lembar Kerja

*Kerjakan di buku latihan.


[D] Daftar Hadir

*Klik di SINI untuk mengisi daftar hadir. Daftar hadir hanya akan aktif dan dapat diisi pada jadwal Pembelajaran Geografi Daring dari pukul 09-00 s/d 14:00 WITA.