Eksis Menjadi Pendidik melalui Pembelajaran Desinkron dengan Aplikasi Rekam Layar Handphone

Salam Rumah Belajar

    Pendidikan masa pandemi Covid-19 mengalami transisi yang sangat alot. Segala komponen mengalami digitalisasi dari analisa mengenai silabus sampai pada ranah-ranah penilaian pembelajaran. Penggunaan media digital menjadi sangat begitu penting untuk mencapai tujuan pemelajaran. Guru memiliki tantangan besar akan hal itu kaitannya dengan penguasaan teknologi.

        Sejak Maret 2020 sampai saat ini, guru memilih, memilah, sampai pada tingkat memacu diri untuk meningkatkan penggunaan media pembelajaran digital. Fenomena yang terjadi adalah terbentuk polarisasi yang begitu masif. Ada klaster yang semangat dan rajin berjuang, ada yang justru tertinggal dan memilih untuk menyerah sehingga munculah pembiaran. Pembiaran ini menjadi berbahaya karena dapat membentuk persepsi siswa yang "campah" terhadap berbagai hal. Standar menurut sehingga mutu pendidikan bisa saja merosot.

        Dewasa ini, media dalam pembelajaran yang cukup efektif menyampaikan message (materi) pada peserta didik adalah video. Video menampilkan gambar bergerak dan audio yang dapat menstimulasi motivasi belajar siswa. Kaitannya dengan penguasaan teknologi,  guru memiliki potensi yang besar dalam pembuatannya. Alat yang bisa digunakan cukup dengan smartphone.


Gambar 1. Flyer Kegiatan Pelatihan

Pada tanggal 01 Oktober 2020, telah dilaksanakan pelatihan penggunaan rekam layar pada handphone untuk membuat media pembelajaran di SMA Negeri 1 Dawan sesuai pada Gambar 1. Sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Letaknya sekitar 3 km dari Kota Semarapura. Berikut merupakan profil lengkap SMA Negeri 1 Dawan.


Sasaran kegiatan tersebut adalah 57 orang guru termasuk kepala sekolah dan jajaran wakil kepala sekolah. Bertepatan dengan hari bulan penuh (Purnama), Bapak/Ibu guru yang menjadi peserta pelatihan melaksanakan terlebih dahulu sembahyang di padmasana. Seusai sembahyang, Bapak/Ibu guru bergegas datang ke ruang guru untuk mengikuti kegiatan Upacara Hari Kesaktian Pancasila virtual sekaligus pelatihan.

Tepat pukul 11:00, kegiatan pelatihan dimulai bertempat di ruang guru didahului pengisisan daftar hadir. Acara dipandu oleh pembawa acara yaitu Bapak Drs. I Nyoman Sunarta yang merupakan Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana yang sekaligus sebelumnya juga memandu rapat dan arahan kepala sekolah. 
Gambar 2. Arahan Kepala Sekolah Mengikuti Pelatihan

Kegiatan berjalan dengan lancar. Presentasi mengenai Portal Rumah Belajar dan aplikasi rekam layar untuk video pembelajaran berlangsung sekitar 45 menit. Kegiatan dilanjutkan dengan praktik dan sesi diskusi sekitar 45 menit. Beberapa Bapak/Ibu guru bertanya terkait output berupa video pembelajaran. Kendalanya adalah ukuran produk/output video sangat besar dan mungkin berdurasi panjang, sehingga tidak bisa dishare melalui Whatsapp. Saya selaku narasumber, memberikan sedikit solusi akan hal tersebut. Bapak/Ibu Guru dapat mengunggah video di Youtube sehingga anak-anak bisa memilih kualitas video yang diinginkan. 


Sebagai bukti, berikut merupakan dokumentasi proses pelatihan:

Gambar 3. Doa Bersama Sebelum Memulai Kegiatan

Gambar 4. Sosialisasi Portal Rumah Belajar

Gambar 5. Pelatihan Aplikasi Rekam Layar di Handphone


Gambar 7. Kegiatan Tanya Jawab Mengenai Fitur Bank Soal


Gambar 7. Kegiatan Diakhiri Pembagian Stiker Rumah Belajar



"Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia"