Pandangan Calon Guru dan Arah Pendidikan Masa Depan Bersama Portal Rumah Belajar

 

Gambar 1. Flyer Kegiatan

Salam Rumah Belajar
Tatap maya kedua tugas Pembatik Level 4 bertajuk diskusi santai. Judul kegiatan adalah "Geo Tele-Talks: Diskusi Bersama Calon Guru Masa Depan". Sasaran kegiatan adalah 40 mahasiswa calon guru geografi dari Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Program Studi Pendidikan Geografi. Kegiatan tersebut direstui dan didukung oleh pihak prodi terutama pembimbing kemahasiswaan atas nama Bapak Budiarta S.Pd.,M.Si. Tentunya setelah hampir 10 hari melaksanakan pendekatan dan permohonan terkait rencana kegiatan. 

Tatap maya dilaksanakan dengan media Google Meet. Salah satu mahasiswa Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi bersedia sebagai host sekaligus memandu kegiatan. Walaupun terjadi hujan deras, kegiatan berjalan dengan baik tanpa adanya noice. Diskusi banyak membahas Portal Rumah Belajar untuk kegiatan mahasiswa yaitu pengembangan pengalaman lapangan (PPL) dan microteaching. Selama kurang lebih 60 menit diskusi, elaborasi mengenai teknis penggunaan fitur rumah belajar banyak ditanyakan. Saya menyampaikan, ada 2 fitur pendukung yang khusus mengena pada Mata Pelajaran Geografi yaitu fitur Peta Budaya dan Wahana Jelajah Angkasa.

Gambar 2. Kegiatan Diskusi


Saya berharap, dengan menunjuk mahasiswa calon guru geografi menjadi sasaran diskusi ini, akan tumbuh dan tersebar pengetahuan baru pada civitas akademika untuk memanfaatkan produk lokal yaitu Portal Rumah Belajar. Mahasiswa PPL dapat menularkan ilmu tersebut pada Guru Pamong dan sekaligus siswa yang diajarkan. 


Kegiatan ditutup dengan pengisian daftar hadir dan survei. Survei berisi 5 butir pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang didiskusikan. Berikut analisa 3 butir survei yang berkaitan dengan Portal Rumah Belajar.

Gambar 3.  Hasil Survei Kebermanfaatan Materi Diskusi
Gambar 3 menunjukkan tanggapan peserta terkait kebermanfaatan materi yang disampaikan. Sebagian besar menyatakan bahwa Portal Rumah Belajar sangat  manfaat terkait praktik mengajar mahasiswa calon guru. Media dan sumber belajar yang terdapat pada portal juga dapat menjadi objek penelitian mahasiswa yang akan menempuh skripsi. 


Gambar 4. Hasil Survei Daya Tarik Materi Diskusi

Melalui tampilan web yang menarik, 41,2% peserta menyatakan bahwa Portal Rumah Belajar sangat menarik. Tampilan berupa kemasan futuristik meningkatkan minat belajar siswa. Persentase lain menyatakan setuju dikarenakan materi terkait dengan Geografi yang minim pada Portal Rumah Belajar. Sehingga diperlukan langkah memperkaya media sesegera mungkin selain Peta Budaya dan Wahana Jelajah Angkasa.

Gambar 5.  Hasil Survei Rencana Tindak Lanjut 

Pada Gambar 5, sebagian besar responden menyimpulkan akan menggunakan Portal Rumah Belajar dalam kegiatan pembelajaran baik PPL maupun saat menjadi guru Geografi. 
                                                                                                                                                                      

Semoga sosialisasi Portal Rumah Belajar melalui diskusi dengan calon guru dapat melekat dan menyebar pada ranah-ranah pendidikan di perguruan tinggi sehingga ketika mahasiswa menjadi guru, penguasaan teknologi kaitannya dengan pembelajaran sudah mantap. Semoga ilmu yang disampaikan bermanfaat bagi sasaran.

                         "Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia"