Peserta Didik Masa Pandemi Covid-19 dan Persepsinya terhadap Portal Rumah Belajar

 

Gambar 1. Flyer Kegiatan

Salam Rumah Belajar
Pada Sabtu, 17 Oktober 2020 telah dilaksanakan sosialisasi Portal Rumah Belajar kepada 109 peserta didik di SMA PGRI Blahbatuh, Gianyar Bali. Kegiatan berlangsung selama 6 setengah jam yang dibagi menjadi 4 sesi. Sosialisasi menggunakan aplikasi video teleconference yaitu CloudX

Persiapan dimulai sejak 2 hari sebelumnya. Pertama dilakukan penyebar luasan flyer dan pembuatan aplikasi android bernama The Blog of Geography (.apk). Selain Portal Rumah Belajar, dalam aplikasi tersebut juga disematkan komponen lain guna mendukung pembelajran geografi seperti video dan daftar hadir. Aplikasi berbasis android tersebut dapat di-download pada link berikut ini.



Gambar 2. Sosialisasi Portal Rumah Belajar dalam Empat Sesi

Anak-anak mengikuti sosialisasi dengan antusias, bahkan sangat tertarik dengan Fitur Edugame. Kemasan pembelajaran dalam game dapat menarik motivasi belajar peserta didik.  Sosialisasi berjalan dengan tertib, pada diskusi tanya jawab peserta didik tidak menunjukkan kesulitan dalam menerapkan. Setelah sosialisasi, pembelajaran dilanjutkan dengan praktik mengakses sumber belajar pada Portal Rumah Belajar. 

Gambar 3 merupakan hasil survei sosialisasi Portal Rumah Belajar. Sebanyak 109 responden menjawab 4 indikator keberhasilan pelaksanaan sosialisasi. Hampir 85% menyetakan bahwa fitur pada Portal Rumah Belajar memiliki kebermanfaatan dalam pembelajaran. Selain itu, tampilan materi menarik dan lengkap serta mudah dipahami. Kesimpulannya adalah hampir 80% peserta didik akan tetap memakai Portal Rumah Belajar untuk meningkatkan kompetensinya dalam pembelajaran khususnya pembelajaran geografi.

Gambar 3. Survei Sosialisasi Portal Rumah Belajar



"Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia"