XII 3.3 (G) Unsur-Unsur Interpretasi Citra Pengindraan Jauh Terkait Tata Guna Lahan

[MATERI]

1. Rona, adalah tingkat kecerahan/kegelapan suatu obyek yang terdapat pada citra. Dalam interpretasi citra, biasanya objek berona gelap atau terang.

2. Warna, adalah wujud tampak mata dengan menggunakan spektrum sempit, lebih sempit dari spektrum tampak. Warna pada citra adalah mejikuhibiniu.

3. Bentuk, merupakan variabel kualitatif yang mencerminkan konfigurasi atau kerangka obyek. Bentuk merupakan atribut yang jelas dan khas sehingga banyak obyek-obyek di permukaan bumi dapat langsung dikenali pada saat interpretasi citra melalui unsur bentuk saja.

4. Ukuran, adalah atribut obyek yang meliputi jarak, luas, volume, ketinggian tempat dan kemiringan lereng. Ukuran merupakan faktor pengenal yang dapat digunakan untuk membedakan obyek-obyek sejenis yang terdapat pada foto udara sehingga dapat dikatakan bahwa ukuran sangat mencirikan suatu obyek.

5. Tekstur, sering dinyatakan dengan kasar, sedang, dan halus.

6. Pola, atau susunan keruangan merupakan ciri yang menandai bagi banyak obyek bentukan manusia dan bagi beberapa obyek alamiah.

7. Bayangan, bersifat menyembunyikan detail atau obyek yang berada di daerah gelap. Obyek atau gejala yang terletak di daerah bayangan biasanya hanya tampak samar-samar atau bahkan tidak tampak sama sekali. Meskipun bayangan membatasi gambaran penuh suatu obyek pada foto udara, kadang justru menjadi kunci penting dalam interpretasi terutama untuk mengenali suatu obyek yang justru kelihatan lebih tampak/jelas dengan melihat bayangannya.

8. Situs, adalah tempat kedudukan suatu obyek dengan obyek lain di sekitarnya. Situs bukan merupakan ciri obyek secara langsung tetapi dalam kaitannya dengan lingkungan sekitar. Adanya patung berkaitan dengan pusat kota.

9. Asosiasi, Asosiasi diartikan sebagai keterkaitan antara obyek satu dengan obyek lain. Adanya keterkaitan itu, maka terlihatnya suatu obyek sering merupakan petunjuk bagi obyek lain. Adanya objek tiang gawang merupakan petunjuk bagi objek lapangan sepakbola.

10. Konvergensi Bukti (Kesimpulan) adalah hasil interpretasi citra terhadap salah satu objek di permukaan bumi misalnya jalan, gedung, aula, lapangan sepakbola, sawah, tegalan, dll.


[TUGAS DAN LEMBAR KERJA]

Petunjuk: 
a. Baca materi dengan cermat.
a. Perhatikan citra berikut di bawah ini!
b. Interpretasikan salah satu objek (A atau B atau C atau D atau E), dan buat hasilnya pada daftar hadir.