8 Skill Ciri Bayi Lahir Normal

Mempunyai buah hati merupakan dambaan setiap insan suami istri. Setiap proses yang dilalui dalam mempersiapkan lahirnya buah hati penting dilakukan dengan teliti. Setelah semua berjalan sesuai dengan tahapannya, semoga kelahirannya tanpa kurang suatu apapun.

Tulisan ini merupakan hasil perbincangan pribadi saya saat mempunyai anak kedua dengan istri. Kami tidak sengaja membahas skill yang anak kami punya ketika masih berumur 2 minggu. Kami simpulkan bahwa skill-skill tersebut merupakan ciri bayi kami sehat jiwa dan raga.


1. Menangis

Bayi menangis adalah ciri beberapa hal yaitu (1) lapar, (2) popok basah karena pipis, dan (3) bayi berak. 

2. Menguap

Menguap adalah tanda bayi mengntuk. Bayi tidur rata-rata 20 jam sehari. jadi ketika terjaga beberapa waktu, bayi sering menguap.

3. Bersin

Bersin pada bayi biasanya karena udara dingin, pakaian terbuka, dan debu. Kadang juga disebabkan oleh bau mulut orang yang berinteraksi dengan Si Bayi. Bayi mencium aroma yang asing baginya.

4. Cegukan

Cegukan sering menjadi tolak ukur bahwa bayi akan segera tumbuh dan berkembang dengan baik menurut kepercayaan banyak orang Bali. Jika cegukan, kepala bayi akan diisi dengan sedikit robekan daun sirih. Percaya tidak percaya, hal tersebut manjur. Bayi  cegukan juga bisa dijelaskan dengan pendekatan medis dan ilmiah.

5. Sendawa

Saat selesai diberikan asi oleh Ibu. bayi biasanya bersendawa tanda bahwa dia sudah kenyang.

6. Kentut

Buang gas juga salah satu kebiasaan bayi sebagai tanda pencernaannya berjalan dengan baik.

7. Kencing

Bayi rata-rata kencing 15 kali sehari. Jadi siapkan popok sebanyak-banyaknya. Atau pamperss jika memungkinkan dengan keadaan Bayi.

8. Berak

Saat awal kelahiran, berak bayi masih berwarna hitam. Seiring waktu maka berak bayi akan berwarna kuning seiring dengan konsumsi Ibu kaitannya dengan asupan ASI. Tanda bayi sehat jika berak bayi tidak berlendir dan tidak berdarah.


Demikianlah skill unik bayi yang kami lihat berdasarkan pengalaman. Apakah bayi Anda juga memiliki skill yang sama?

Semoga kelak bayi menjadi anak yang berbakti bagi dirinya, keluarga, masyarakat bangsa dan negara.