Cara Bermain Kartu UNO Express

Bermain game adalah salah satu cara untuk menghilangkan kebosanan. Apalagi saat bekerja atau belajar dari rumah pada masa pandemi. Jika kita telah seharian duduk di depan laptop/gadget lain, sudah pasti menatap layar sudah tidak menarik lagi alias membosankan. Maka dari itu, bermain permainan konvensional menjadi pilihan yang tepat bersama keluarga lainnya.


Konsep

Permainan kartu UNO Express adalah pilihan yang tepat. Apa itu kartu UNO Express? Kartu UNO Express adalah serial kartu permaianan yang yang dapat dimainkan oleh 4 orang dengan jumlah kartu sebanyak 51 kartu.  

  • Kartu :berjumlah 51 lembar
  • Bank: Sisa kartu setelah dibagikan.
  • Hint: kartu pertama untuk diikuti


Jenis Kartu

Adapun kartu  diantaranya sebagai berikut.

Karu unik pada UNO Express

Terdapat beberapa kartu uni dalam permainan ini. Kita bahas melalui kartu sebelah kiri 
  • Kartu lingkaran empat warna, adalah kartu yang dikeluarkan oleh pemain dengan kekuatan si pengguna dapat memilih warna apa yang harus dikeluarkan oleh pemain selanjutnya. Jika tidak punya, pemain berikutnya harus mengambil kartu di bank.
  • Kartu +2 memiliki kekuatan untuk mengharuskan pemain berikutnya mengambil 2 kartu di bank. Jika punya, maka pemain ke-3 mengambil 4 kartu. 
  • Kartu +1 berkekuatan mengharuskan pemain berikutnya mengambil satu kartu dan satu kartunya lagi pada bank.
  • Kartu Block, dapat memblok pemain berikutnya untuk tidak mengeluarkan kartu. Sedangkan pemain ke-3 dapat. Begitu seterusnya.
  • Kartu Reply, berkekuatan memberikan kesempatan sekali lagi mengeluarkan kartu.

Kartu Reguler (1-9)

  • Kartu Angka Berwarna Hijau, Merah, Kuning dan Biru, terdapat 9 angka dengan 4 warna. masing-masing angka memiliki 4 warna. Begitu seterusnya dari angka 1 sampai 9.


Cara Bermain

4 Pemain duduk mengikuti arah mata angin. Diberikan kartu sejumlah masing-masing 7 lembar. Satu kartu ditaruh di tengah sebagai hint dan sisanya ditempatkan di tengah untuk nantinya diambil satu per satu saat kita tidak punya serinya (bank).

Permainan dimulai dari pemain yang paling tua, jika hint misalnya 4 biru, pemain berikutnya bisa mengeluarkan kartu berangka 4 ataupun kartu berwarna biru dengan angka selain 4. Pemain yang yang paling cepat menghabiskan kartu adalah pemenangnya. Saat kartu masih bersisa 1, maka pemain harus mengatakan "UNO". Jika tidak, maka pemain tersebut diberikan hukuman mengambil 2 kartu dari bank.


Demikian cara bermain UNO Express, jika masih bingung, dapat ditanyakan pada kolom komentar.