Resmi! Jadwal PPG 2021, Apakah Masuk Kuota?

Menunggu adalah kegiatan yang dapat melatih kesabaran. Tidak semua orang menunggu dengan sabar. Bisa saja beberapa orang frustasi bahkan putus asa menunggu. Begitu pula dengan pejuang PPG di tanah air. Proses PPG memerlukan tidak sedikit waktu. Mulai dari tahap mendaftar di Sim PKB, undangan pretest, seleksi administrasi, mengajukan kesediaan dan banyak lagi lainnya sampai lulus dan mendapatkan sertifikat pendidik.

Berdasarkan pengalaman penulis, pretest dilaksanakan pada November 2019. Akhirya hingga awal tahun 2021 baru diumumkan kelulusan untuk ikut ke tahap selanjutnya yaitu seleksi administrasi. Setelah seleksi administrasi maka akan ditentukan oleh pusat angkatan pertama. Proses lainnya juga dilalui dengan sabar seperti mengajukan kesediaan sampai pada proses PPG.

Berikut ini merupakan gambaran jadwal PPG yang telah dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah.


Besarnya harapan masuk pada PPG 2021 tercoreng akhir-akhir ini karena terdengar kabar bahwa kuota PPG 2021 hanya 10.000 peserta. Sepuluh ribu yang masuk kuota hanya untuk peserta yang dibiayai oleh APBN. Tidak seperti sebelumnya yang dibiayai APBN dan APBD. Setelah mendengar info lainnya, hal tersebut terjadi karena kendala pada tahun 2020. Ketika akan UP, peserta ditunda untuk ikut karena kewajiban pemda membayar biaya PPG macet. Alhasil pada akhirnya berjalan normal dan peserta dapat mengikuti tahap selanjutnya. Kabar lain menyebutkan juga bahwa tidak dibiayainya PPG oleh APBD dikarenakan situasi pandemi. PAD Pemda mengalami penurunan yang drastis, begitu pula dengan pendapatan negara dari sektor pajak. 

Lalu bagaimana dengan puluhan ribu lainnya yang lulus seleksi administrasi dalam antrean? Sudah pasti kita tetap akan menunggu semoga kabar tersebut tidak benar.