XII 3.3 (H) Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk Pariwisata dan Sosial Budaya



[MATERI]

1. SIG untuk Pariwisata
Sebuat pemetaan pariwisata menghasilkan gambaran lokasi yang berbentuk peta yang disebut Peta Destinasi Pariwisata yang akan memunculkan gambar lokasi - lokasi dan keadaan obyek – obyek pariwisata yang di petakan.
Pariwisata merupakan perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain, yang dilakukan perorangan maupun kelompok sebagai usaha mencari keseimbangan atau keserasian (Yoeti, 2008)
Dalam bidang pariwisata, pemanfaatan SIG dilakukan seperti untuk inventarisasi pariwisata dan analisis potensi pariwisata suatu daerah. SIG di bidang pariwisata sangat membantu manusia zaman sekarang untuk mempermudah melihat destinasi wilayah pariwisata yang akan dikunjungi atau sedang dikunjungi
Secara garis besar SIG merupakan program komputer yang sangat bermanfaat dalam bidang pariwisata hal penyajian informasi-informasi secara grafis. SIG dapat menyajikan suatu data dengan jelas serta lengkap. Seiring dengan perkembangan teknologi pengolahan data geografis, dalam SIG dimungkinkan penggabungan berbagai basis data dan informasi yang dikumpulkan melalui peta, citra satelit, maupun survei lapangan. Dengan menggunakan teknologi informasi yang telah berkembang dengan pesat, sebagian data dan informasi spasial yang diperlukan dalam bidang pariwisata yang dapat dibangun dalam sebuah sistem informasi yang berbasis pada koordinat geografis yang lebih dikenal dengan sebutan Sistem Informasi Geografis (SIG).dengan lebih baik karena terbantu dengan fitur-fitur pengolahan dan penyajian data yang dimiliki oleh aplikasi SIG yang baik.


2. SIG untuk Sosial Budaya
Dalam bidang sosial budaya, pemanfaatan SIG digunakan seperti untuk mengetahui luas dan persebaran penduduk suatu wilayah, mengetaui luas dan persebaran lahan pertanian serta kemungkinan pola drainasenya, pedataan dan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan dan pembangunan pada suatu kawasan, serta pendataan dan pengembangan pemukiman penduduk, kawsan industri, sekolah, rumah sakit, sarana hiburan, dan perkantoran.


[TUGAS DAN LEMBAR KERJA]

Petunjuk:
a. Ingatlah salah satu pengalamanmu menggunakan Google Maps untuk mencapai suatu objek wisata!
b. Ceritakan dengan singkat pengalamanmu pada kolom komentar disertai manfaat Google Maps sebagai sebuah produk SIG milik Geografi!
c. Ingat, tugas dilengkapi identitas Nama, No dan Kelas.


#SELAMAT MENGERJAKAN#