Hal Yang Harus Diperhatikan (Vaksinasi Covid-19 Pendidik dan Tenaga Kependidikan)


Setahun sudah berlalu sejak dunia digemparkan oleh virus baru di Wuhan. Akhirnya setelah bulan ke 12 vaksin sudah dapat didistribusikan kepada masyarakat. Melalui penyaluran bertahap, maka ditargetkan tahun ini covid akan sama sekali tidak berpengaruh lagi.

Tahap pertama diberikan kepada tenaga medis, kemudian sasaran berikutnya adalah tenaga pendidik dan kependidikan. Guna mengefisienkan penerimaan untuk pendidik dan tenaga kependidikan, satuan pendidikan (sekolah) bekerjasama dengan rumah sakit terdekat di wilayahnya.

Pendaftaran dilakukan dengan mengoleksi data nama, NIP, no hp dan data lainnya yang mendukung. Kemudian rumah sakit mengatur jadwal vaksinasi. Biasanya 1 hari hanya membuka 50 peserta. Jika ada sekolah yang pendidik dan tenaga kependidikannya lebih dari 50, maka akan dibagi menjadi 2 hari. 

Jika waktu vaksinasi telah tiba, maka datanglah dengan tepat waktu pada rumah sakit yang ditunjuk.  Sebelum vaksin, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya:

1. Administrasi

Saat datang ke rumah sakit, jangan lupa membawa KTP asli bagi peserta yang akan divaksin. Sesampai di sana, ada beberapa kuesioner yang perlu diisi terkait kedaan calon perserta vaksinasi. Administrasi tersebut perlu diisi dengan sesungguhnya. Ingat juga dengan nomor HP karena akan ada feedback berupa sertifikat dan jadwal vaksinasi berikutnya yang disampaikan melalui SMS.


2. Kondisi Fisik

Beberapa indikator kesehatan yang diperhatikan sebelum melaksanakan vaksin yaitu seperti gambar berikut ini:






3. Protokol Kesehatan

Terapkan protokol kesehatan dengan memakai masker yang benar. Saat tiba di depan rumah sakit, lakukan kegiatan cuci tangan yang benar. Pengecekan suhu juga dibantu oleh petugas. Sebelum masuk ke dalam ruangan vaksinasi, tetap menjaga jarak dengan calon peserta vaksinasi lain.


4. Mental

Tidak semua orang berani ketika akan diinjeksi/disuntik. Jangankan disuntik, mendengarpun ada yang grogi dan menyebabkan tensi naik kencang. Saat itulah mental sedikit diuji. Namun demikian, demi kebaikan kita harus tetap menjalankan prosedur yang telah ditetapkan walaupun ada yang takut, gemetar dan menangis.


5. Pakaian

Ada hal teknis kecil yang mengganggu ketika vaksinasi. Walaupun tidak berkaitan dengan estetik, hal tersebut mengganggu. Sebaiknya calon peserta memakai pakaian dengan rapi. Jangan memakai baju lengan panjang agar tidak menyusahkan petugas saat akan disuntik di lengan.