Pembahasan TWK Subtes Bhinneka Tunggal Ika #1

 

1. PEMBAHASAN

Prinsip-prinsip nasionalisme Indonesia yang berdasarkan Pancasila adalah bersifat "majemuk tunggal". Berikut ini unsur unsur terbentuknya bangsa Indonesia adalah:

a. Kesatuan Sejarah

b. Kesatuan Nasib

c. Kesatuan Kebudayaan

d. Kesatuan Wilayah

e. Kesatuan Asas Kerohanian

Jadi, yang bukan termasuk unsur terbentuknya Indonesia adalah kesatuan kepercayaan.

JAWABAN: E



2. PEMBAHASAN

Pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya dengan Pancasila sebagai dasar, tujuan, dan pedoman merupakan pengertian dari paradigma pembangunan nasional.

JAWABAN: C



3. PEMBAHASAN

Perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan politik, dalam arti:

a) Bahwa kebulatan wilayah nasional dengan segala isi dan kekayaannya menjadi modal dan milik bersama bangsa.

b) Bahwa bangsa Indonesia yang terdiri atas berbagai suku dan bermacam macam bahasa daerah, memeluk dan meyakini berbagai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa merupakan satu kesatuan dalam arti yang luas.

c) Bahwa secara psikologis, bangsa Indonesia harus merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa dan setanah air, serta mempunyai satu tekad dalam mencapai cita-cita bangsa.

d) Bahwa Pancasila adalah satu-satunya falsafah serta ideologi bangsa dan negara, yang melandasi, membimbing, dan mengarahkan bangsa menuju tujuannya.

e) Bahwa hanya ada satu hukum nasional yang mengabdi kepada kepentingan nasional.

Jadi, yang bukan arti perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan politik adalah budaya Indonesia pada hakikatnya adalah satu, sedangkan corak ragam budaya yang ada menggambarkan kekayaan budaya bangsa yang menjadi modal dan landasan pengembangan budaya bangsa seluruhnya, yang hasil hasilnya dapat dinikmati oleh bangsa.

JAWABAN: E



4. PEMBAHASAN

Bhinneka Tunggal Ika bersifat konvergen, yang bermakna perbedaan yang terjadi dalam keanekaragaman tidak untuk dibesar-besarkan, tetapi dicari titik temunya dalam bentuk kesepakatan bersama. Hal ini akan terwujud apabila dilandasi oleh sikap toleran, non-sektarian, inklusif, akomodatif, dan rukun.

JAWABAN: B



5. PEMBAHASAN

Perwujudan kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan sosial dan budaya, dalam artis

  • Bahwa masyarakat Indonesia adalah satu, peri kehidupan bangsa harus merupakan kehidupan yang serasi dengan tingkat kemajuan masyarakat yang sama, merata, dan seimbang serta adanya keselarasan kehidupan yang serasi dengan kemajuan bangsa.
  • Bahwa budaya Indonesia pada hakikatnya adalah satu; sedangkan corak ragam budaya yang ada menggambarkan kekayaan budaya bangsa yang menjadi modal dan landasan pengembangan budaya bangsa seluruhnya, yang hasil-hasilnya dapat dinikmati oleh bangsa.

JAWABAN: C



6. PEMBAHASAN

Demokrasi ekonomi yang menjadi dasar pelaksanaan pembangunan memiliki ciri ciri positif sebagai berikut:

a) Perekonomian disusun sebagai usahal bersama atas dasar asas kekeluargaan. b) Sumber-sumber kekayaan dan keu angan negara digunakan dengan permufakatan dan pengawasan ter hadap kebijaksanaannya oleh lembaga perwakilan rakyat.

c) Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara,

d) Warga negara memiliki kebebasan dalam memilih pekerjaan yang dikehendaki serta mempunyai hak akan pekerjaan dan penghidupan yang layak.

e) Hak milik perorangan diakui dant pemanfaatannya tidak boleh ber tentangan dengan kepentingan ma syarakat.

f) Potensi, inisiatif, dan daya kreasi setiap warga negara dikembangkan sepenuhnya dalam batas-batas yang tidak merugikan kepentingan umum. g) Fakir miskin dan anak-anak terlantar berhak memperoleh jaminan sosial

Jadi, yang bukan merupakan ciri-ciri positif demokrasi ekonomi yang menjadi dasar pelaksanaan pembangunan adalah mencanangkan sistem etatisme dalam hal potensi dan daya kreasi unit-unit ekonomi di luar sektor negara.

JAWABAN: D



7. PEMBAHASAN

Repelita IV dititikberatkan pada sektor pertanian dengan meningkatkan industri yang dapat menghasilkan mesin industri sendi ,baik i berat maupun industri ringan dan akan terus dikembangkan dalam program Repelita selanjutnya.

JAWABAN: E



8. PEMBAHASAN

Pembangunan nasional dilaksanakan atas asas-asas berikut ini:

  • Asas manfaat pembangunan yang dilakukan harus memiliki manfaat.
  • Asas kekeluargaan pembangunan nasional dibutuhkan kerja sama yang baik antara seluruh komponen warga negara Indonesia. 
  • Asas adil dan merata → pembangunan yang dilakukan dengan seadil-adilnya tanpa memihak dan merata keseluruh wilayah Indonesia.
  • Asas perikehidupan dan keseimbangan pembangunan yang tidak dilakukan dengan keterpaksaan.

JAWABAN: C



9. PEMBAHASAN

Lambang negara berupa Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika diatur dalam UUD 1945 pasal 36 A.

JAWABAN: D



10. PEMBAHASAN

Prinsip atau asas pluralistik dan multikul tural Bhinneka Tunggal Ika mendukung nilai-nilai berikut ini, yaitu:

a) Inklusif, tidak bersifat eksklusif

b) Terbuka

c) Koeksistensi damai dan kebersamaan

d) Kesetaraan

e) Tidak merasa yang paling benar

f) Toleransi

g) Musyawarah disertai dengan penghar gaan terhadap pihak lain yang berbeda.

Jadi, yang bukan termasuk asas pluralistik dan multikultural Bhinneka Tunggal Ika adalah sektarian.

JAWABAN: A