Pembahasan TWK Subtes NKRI #1

Pantau web BKN
 1. PEMBAHASAN

Sesuai dengan perjanjian Wina pada tahun 1942, negara-negara sekutu yang bersepakat untuk mengembalikan wilayah-wilayah yang diduduki oleh Jepang mulai melancarkan pukulan balasan dengan siasat "Loncat Katak". Pada bulan April 1944, sekutu mendarat di Irian Barat sehingga kedudukan Jepang makin terjepit. Pada tahun 1945 menjelang akhir penjajahan, Australia telah mendaratkan pasukannya di Makassar dan Banjarmasin. Sementara Pulau Morotai dan Irian Barat bersama-sama dikuasai oleh Australia dan Amerika Serikat di bawah pimpinan Jenderal Douglas MacArthur, Panglima Komando Kawasan Asia Barat Daya (South West Pacific Area Command/SWPAC).

JAWABAN: C


2. PEMBAHASAN

Setelah perang usai, tentara Australia bertanggung jawab terhadap Kalimantan dan Indonesia bagian Timur, Amerika Serikat menguasai Filipina, dan tentara Inggris dalam bentuk komando SEAC (South East Asia Command) bertanggung jawab atas India, Burma, Srilanka, Malaya, Sumatera, Jawa, dan Indocina. Jadi, negara yang bukan merupakan tanggung jawab SEAC adalah Vietnam.

JAWABAN: C


3. PEMBAHASAN

Berdasarkan Civil Affairs Agreement tanggal 15 September 1945, tentara Inggris selaku wakil sekutu tiba di pelabuhan. Tanjung Priok, Jakarta. Rombongan ini dipimpin oleh Laksamana Muda W.R Patterson dengan didampingi seorang wakil Belanda pada sekutu, yaitu Dr Charles Van der Plas. Sedangkan, yang mewakili NICA adalah HJ Van Mook.

JAWABAN: B


4. PEMBAHASAN

Kongres Wina adalah sebuah pertemuan para wakil dari kekuatan besar di Eropa. Pertemuan ini dipimpin oleh negarawan Austria, Klemens Wenzel von Metternich yang dilaksanakan tanggal 1 September 1814 hingga 9 Juni 1815. Tujuannya adalah untuk menentukan kembali peta politik di Eropa setelah kekalahan Prancis hingga berakhirnya kekuasaan Napoleon.

JAWABAN: E


5. PEMBAHASAN

Perjanjian London ditujukan untuk mengatasi konflik yang bermunculan akibat pemberlakuan Perjanjian Britania Belanda 1814. Pada tanggal 17 Maret 1824, Kerajaan Britania Raya diwakili George Channing dan Charles Watkins, sedangkan Belanda diwikili oleh Hendrik Fagel dan Anton Reinhard menandatangani perjanjian London. Isi perjanjian tersebut bahwa negara dinkan untuk tukar-menukar wilayah pada British India, Ceylon (Srilanka), dan ndonesia berdasarkan kepada negara yang paling diinginkan, dengan pertim bangan masing-masing negara harus mematuhi peraturan yang ditetapkan secara lokal salah satunya adalah tidak menggunakan kekuatan militer dan sipil untuk menghambat perjanjian dagang. 

JAWABAN: D


6. PEMBAHASAN
Selama hampir 60 tahun, Belanda tidak bersedia mengakui kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Belanda. menganggap kemerdekaan Indonesia baru terjadi pada 27 Desember 1949, yaitu ketika soevereiniteitsoverdracht (penyerahan kedaulatan) ditandatangani di Istana Dam, Amsterdam.
JAWABAN: D


7. PEMBAHASAN
Komisi Jasa Baik dibentuk pada tanggal 25 Agustus 1947 sebagai reaksi PBB terhadap Agresi Militer Belanda 1. Lembaga ini beranggotakan 3 negara, yaitu:
Australia (dipilih oleh Indonesia): Richard Kirby
Belgia (dipilih oleh Belanda): Paul van Zeeland
Amerika Serikat (pihak netral): dr. Frank Graham
Badan ini berperan dalam:
a) Mengawasi secara langsung penghentian tembak menembak sesuai resolusi Dewan Keamanan PBB 
b) Memasang patok-patok wilayah status quo yang dibantu oleh TNI 
c) Mempertemukan kembali Indonesia Belanda dalam Perundingan Renville. 
JAWABAN: A


8. PEMBAHASAN
Dalam Konferensi Federal di Bandung pada tanggal 27 Mei 1948 lahirlah Badan Permusyawaratan Federal (BFO) dan membagi Indonesia menjadi 5 negara boneka seperti berikut:
a) Negara Indonesia Timur, terbentuk pada Desember 1946 dengan wali negara Tjokorda Gde Raka Sukawati.
b) Negara Sumatera Timur, terbentuk pada 24 Maret 1948 dengan wali negara Dr. Mansyur.
c) Negara Sumatera Selatan, terbentuk pada 30 Agustus 1948 dengan wali negara Abdul Malik.
d) Negara Jawa Timur, terbentuk pada 26 November 1948 dengan kepala negara R.T. Kusumonegoro.
e) Negara Pasundan, terbentuk pada 26 Februari 1948 dengan wali negara R.A.A. Wiranatakusumah.
JAWABAN: E


9. PEMBAHASAN
Perundingan Linggarjati membahas status kemerdekaan Indonesia. Perundingan ini dilaksanakan tanggal 11-15 November 1945 dan ditandatangani secara sah oleh kedua negara pada tanggal 25 Maret 1947. Hasil perundingan tersebut menghasilkan 17 pasal yang berisi:
a) Belanda mengakui secara de facto wilayah Republik Indonesia, yaitu Jawa, Sumatera, dan Madura. 
b) Belanda harus meninggalkan wilayah RI paling lambat tanggal 1 Januari 1949. 
c) Pihak Belanda dan Indonesia sepakat membentuk negara RIS.
d) Dalam bentuk RIS Indonesia harus tergabung dalam Commonwealth/ Persemakmuran Indonesia-Belanda.
JAWABAN: B


10. PEMBAHASAN
Pada tanggal 27 September 1945, AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies) di bawah pimpinan tetnan lenderal Sor Philip Christiaon mendarat di Jakarta AFNEI diserahi beberapa tugas sebagai berikut: 
a) Menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Indonesia
b) Membebaskan para tawanan perang dan interniran (orang yang diasingkan) sekutu 
c) Melucuti dan memulangkan tentara Jepang
d) Memulihkan keamanan dan ketertiban el Mencari dan mengadili para penjahat perang

Jadi, yang bukan merupakan tugas AFNEI adalah membantu pembentukan dan penguatan negara Indonesia yang baru terbentuk.

JAWABAN: D