Cara Memperpanjang SKCK di Polres Gianyar Bali

 


SKCK adalah singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Dalam beberapa bidang pekerjaan terutama kedinasan, SKCK sangat dibutuhkan untuk menentukan kredibilitas calon pencari kerja. Namun begitu, sektor swastapun saat ini banyak yang mencantumkan kriteria SKCK sebagai sarat administrasi pencari kerja.

Pada kasus ini, saya sudah pernah mendapatkan SKCK di Polres Gianyar. Dikarenakan masa berlaku SKCK hanya 6 bulan, maka untuk keperluan yang terbaru saya sebaiknya memperpanjang lagi. Berikut pengalaman saya memperpanjang SKCK di Polres Gianyar, Bali.

A. Persiapan

Pada tahap persiapan ini, ada beberapa berkas yang harus anda persiapkan untuk mengusulkan perpanjangan SKCK. Adapun diantaranya adalah 

(1) SKCK asli maupun fotocopy yang akan diperpanjang, 

(2) Fotocopy ijazah terakhir, 

(3) Fotocopy KTP, dan 

(4) Fotocopy akta kelahiran, serta 

(5) Pas foto ukuran 4x6 berlatar belakang merah tanpa kacamata. 

Masukkan ke dalam map dan tas yang aman saat  pergi ke lokasi Polres Gianyar.

B. Perjalanan

Siapkan kendaraan dan bahan bakarnya, ingat membawa tas tempat berkas yang nanti akan diajukan. Kenakan helm yang benar dan patuhi protokol kesehatan. Polres Gianyar khususnya yang menangani SKCK berada di lokasi ini: 
Saat sampai di lokasi, parkirlah dengan rapi dan segera menuju ke tempat perpanjangan SKCK.


C. Polres Gianyar

Saat berada di dalam kantor, ambil nomor antrean dan jika telah dipanggil  langsung menuju petugas. Sampaikan maksud bahwa kita akan memperpanjang SKCK. Maka tidak perlu lagi membuat rumus sidik jari. Berkas diminta oleh petugas dan akan segera diproses, sembari diproses kita diberikan formulir data. Isi dengan cermat formulir tersebut. Sebaiknya Anda ingat beberapa data yang diminta seperti nama Ibu, tanggal lahir dsb. Tipsnya adalah bawa KK Anda supaya data yang dimasukkan tidak keliru. Setelah selesai, kembalikan kepada petugas.

Anda bisa menunggu sambil berbincang dengan orang lain yang berada di sekitar Anda atau bisa bermain HP. Tidak lama kemudian, petugas memanggil dan memberikan draf SKCK, petugas meminta memastikan sekali lagi data dalam draf tersebut benar. Jika sudah benar, serahkan kembali ke petugas untuk dicetak SKCK yang asli. 

SKCK selesai, siapkan uang sejumlah Rp 30.000 untuk membayar PNBP pembuatan SKCK. Akhirnya SKCK selesai dan kwitansi diberikan. Anda bisa pulang dengan ceria dan menjalani aktivitas Anda yang lain.