15 Paket Latihan Soal UP PPG

Peserta PPG khususnya tahun 2021 dengan skema daring harus dilewati dengan berbagai ujian-ujian mulai dari peer-teaching, uji komprehensif, PPL1, PPL2, PPL3, Uji Kinerja (UKIN) dan Uji Pengetahuan (UP). Masing-masing ujian tersebut, memiliki mekanisme dan bobot penilaian tersendiri. Namun dalam hal ini, tiket untuk bisa keluar dan lulus dari kegiatan PPG dan sukses menjadi Guru Profesional bersertifikat pendidik adalah dengan melewati UKMPPG.

UKMPPG adalah tahap akhir mahasiswa dalam diuji kemampuannya. UKMPPG sendiri adalah singkatan dari Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru. UKMPPG terdiri dari UKIN dan UP. Kegiatan UKIN dilaksanakan dengan membuat perangkat pembelajaran disertai video bedurasi maksimal 40 menit. Sedangkan UP adalah kegiatan menjawab soal pilihan ganda berjumlah 120 butir soal.

Intinya, dalam tulisan ini ingin dibagikan latihan soal untuk menghadapi UP khususnya untuk mahasiswa PPG Jurusan Geografi. Namun, jangan berharap semua soal ini akan muncul karena pengalaman dari penulis adalah sebaiknya peserta membaca betul-betul kisi-kisi soal yang telah disediakan pada Pendaftaran Uji Kompetensi Mahasiswa PPG (kemdikbud.go.id). Latihan soal ini bertujuan agar peserta memperoleh pengalaman bertatap muka dengan soal serta menentukan strategi menjawab baik dari alokasi waktu maupun kondisi fisik serta peralatan pendukung. Diharapkan, baik first taker maupun retaker agar mempelajari tipe-tipe soalnya, bukan menghafal karena latihan soal ini bukan bocoran soal UP. Di akhir, semoga rangkuman latihan soal ini memberikan pengalaman menjawab soal agar siap menjawab UP Geografi. Salam sukses.


Pengayaan PGDK Pedagogik Umum

Pengayaan PGDK Geografi

Pengayaan PGDK PGSD Matematika

Kumpulan 15 Paket Soal UP