Kabar Burung Pretest PPG Tahun 2022?

Banyak pendidik berharap untuk segera mendapatkan sebutan guru profesional dan sertifikat pendidik melalui PPG. Seperti umumnya diketahui, proses tersebut tidak mudah karena harus melewati berbagai mekanisme dan seleksi-seleksi yang ketat terutama PPG Dalam Jabatan. 

Pintu gerbang untuk masuk PPG Dalam Jabatan adalah mengikuti pretes. Namun sebelumnya, banyak juga teknis yang harus diikuti mulai dari keberadaan identitas pendidik dalam dapodik, Sim GPO (PKB), masuk komunitas, dan tentunya diundang untuk ikut pretest. 

Namun, bagaimana kabar pintu masuk (pretes) PPG tahun 2022? Beredar kabar bahwa pemerintah tetap akan membuka PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 namun dengan desas desus mekanisme yang berbeda. Walaupun demikian, sedikit tidaknya akan memiliki kesamaan menurut penulis pada beberapa mekanisme sebelum tentunya kita melihat pengumuman resmi pemerintah.


Gambar di atas menunjukkan kabar burung jadwal PPG 2022. Tentunya, info dalam gambar tersebut masih unofficial. Dengan demikian, langkah yang dapat dilakukan adalah mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi seperti mempelajari soal-soal pretes.