Kurikulum Prototipe untuk 2024?

Jika mendengar kata kurikulum, kebanyakan orang akan mengingat prase: "ganti menteri ganti kurikulum". Bagaimana tidak, alasan banyaknya anggapan orang seperti itu adalah karena faktanya demikian. Namun walaupun seperti itu, pada dasarnya kurikulum dapat selalu berubah seiring dengan perkembangan yang terjadi pada masyarakat. Namun, intensitasnyalah yang disoroti oleh banyak orang karena cukup sering terjadi.

Pandemi merombak segala komponen-komponen pendidikan termasuk kurikulum. Di Indonesia sendiri, untuk mensiasati pembeljaaran di masa pandemi telah digulirkan Kurikulum Darurat yang disandingkan dengan Program Merdeka Belajar. Menurut penulis, hal tersebut cukup efektif mengingat kerangkanya cukup mudah diterapkan mengingat kondisi dan situasi di setiap titik lokasi di Indonesia sangat beragam.

Guna menyongsong era kenormalan baru, telah diwacanakan untuk membentuk kerangka kurikulum yang akan diterapkan tahun 2024. Namun sebelumnya didahului dengan kajian, pelatihan baru kemudian sampai penerapan pada ranah prtotipe. Bagaimana bentuk kerangka Kurukulum Prototipe tersebut? Dan apa yang coba dirangkai untuk membentuk Kurikulum 2024? Berikut sedikit bocoran latar belakangnya.


Paparan Kemdikbudristek



Paparan Dirjen GTK



Paparan BSKAP