Jika Pretest 2022 Berbasis Domisili Begini Cara Mengikutinya


Dinamika per-covid-an ternyata juga membawa banyak bentuk efisiensi. Layaknya insan yang cerdas dan adaptif, segala bentu kegiatan manusia saat ini telah semakin bertransformasi. Satu kata yang mewakili efisiensi berbagai kegiatan manusia saat ini adalah digitalisasi.

Dunia pendidikan banyak mengalami digitalisasi. baik dari perencanaan pendidikan, pelaksanaan bahkan evaluasinya. Di sisi lain kegiatan guru untuk mengembangkan keprofesiannya juga terkena dampak. katakan saja Program Profesi Guru (PPG) yang sejak dibuka beberapa tahun lalu terus mengalami perkembangan. Digitalisasi pada kegiatan tersebut terasa dan nyata dilaksanakan dalam hal ini PPG secara daring.

Pada tahun 2020, PPG daring namun UP (Uji Pengetahuan) harus datang ke LPTK terdekat dengan domisilinya. tahun 2021 Pretest offline di salah satu sekolah yang ditunjuk di setiap kabupaten, PPG daring dan UP-pun daring berformat domisili. Sedangkan tahun 2022, kabar pretest berbasis domisilipun berhembus kencang. bagaimana cara mengikutinya, berikut penulis berikan refrensi agar siap menghadapi.

1. Kunjungi halaman https://ukm.ppg.kemdikbud.go.id/ kemudian Klik pada Pengumuman bagian Panduan UP Berbasis Domisili. Kenala UP, karena kemungkinan penyelenggaraan Pretest sama dengan UP.

2. Muncul halaman seperti di bawah ini. Baca beberapa panduan yang ada, dan install aplikasi Safe Exam Berowser (SEB). Ada dua tipe aplikasi, yaitu bagi pengguna MacOS dan Windows. Sesuaikan dengan perangkat yang rekan-rekan gunakan.


3. Pada penjelasan kali ini, saya memakai Windows, maka tampilan yang muncul adalah seperti di bawah ini.
4. Download dan install SEB_UPPPG_INSTALL_Windows.exe sebesar 64,625 MB


5. Download MULAI_UPPPG_Windows.seb sebesar 3,02 kb. kemudian Buka dengan klik kiri 2 kali
6. Masukkan Password: upppg. Jika nanti pretest, mungkin password akan berbeda.


7. Berikut halaman yang akan muncul. Saat mendaftar, pastikan rekan-rekan telah mendapat Nomor Peserta Seleksi dan Kode validasi.


8. Saat masuk, sebelum mengerjakan tes pretest, mungkin akan mengisi beberapa data. Siapkan Kartu pendaftaran dan KTP karena saat ujian iasanya menggunakan Zoom Meeting dan di atas meja tidak ada benda apapun selain yang saya sebutkan tadi serta alat tulis  yang secukupnya.