Sebelum TPG Cair, Ada 3 Step Lagi Setelah infoGTK VALID

Guru, khususnya yang telah menerima tunjangan profesi (TPG) pada awal bulan Maret setiap tahunnya akan merasa dagdigdug. Mengapa? Karena pengamprahan TPG dalam masa pemrosesan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tentunya agar data pada aplikasi infoGTK dinyatakan VALID.


Ternyata setelah VALID, ada 3 langkah lagi agar TPG benar-benar mengucur ke rekening guru penerima. Apa saja? Ayo simak artikel berikut ini.

1. Menunggu verifikasi Dinas

VALIDASI data pada infoGTK adalah langkah awal. Setelah itu, operator sekolah akan print infoGTK guru bersangkutan untuk dicek dan ditandatangani dengan materai 10.000 ribu. Biasanya, print infoGTK dilakukan secara kolektif setelah surat pengusulan oleh Dinas setempat keluar. Jikamelihat di lapangan, untuk Tw 1 biasanya diproses pada bulan Maret. Setelah ditandatangani, maka operator akan mengirim berkas ke Dinas pada operaor SimTUNJANGAN (SimTun) di sana data kembali di validasi untuk diusulkan ke tahap selanjutnya.

2. Menunggu terbit SKTP

Setiap pencairan dana oleh pemerintah selayaknya didasari dasar hukum tertentu. Pada ranah TPG, biasanya akan dikeluarkan Surat Keputusan Tunjangan Profesi (SKTP). SKTP dikeluarkan langsung oleh kementerian terkait. Baik Kemdikbudristek maupun Kementerian Agama. SKTP memuat nama-nama guru yang mendapat TPG. Terbitnya SKTP merupakan proses lanjutan dari validasi dan verifikasi data yang dilakukan sebelumnya.

3. Menandatangani SPJ

Suatu ketika, setelah semua data lengkap, valid dan verified, serta dinyatakan guru bersangkutan berhak menerima TPG, maka biasanya akan ada SPJ yang perlu ditandatangani. Biasanya SPJ untuk 1 kabupaten terangkum menjadi satu. Misalnya kabupaten A, terdapat 10 SMA dan 750 guru yang memperoleh TPG. maka SPJ ditandatangani bergiliran. Penandatangani ini tergantung dari banyaknya sekolah, guru, dan medan antar satu sekolah. Semakin cepat ditandatangani, semakin cepat SPJ bisa diproses kembali ke dinas dan semoga juga TPG segera cair.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, jika dalam penjelasan terdapat hal yang keliru atau kurang lengkap. Silahkan Bpk/Ibu pembaca berkontribusi dalam kolom komentar. Akhir kata jika TPG telah cair, saya ucapkan selamat dan mohon ingat peran teman-teman yang membantu sehingga TPG cair dengan lancar.

Salam Guru Profesional