Apa yang Dilakukan setelah Pretest PPG?

 "Akhirnya pretest PPG telah selesai dilaksanakan. Dua jam penentuan dan ratusan soal sudah terjawab."

Jika Anda berada pada posisi tersebut, apa yang selanjutnya Anda lakukan? Sebaiknya Anda mengikuti beberapa sikap berikut agar tetap elegen menunggu tahap berikutnya.

1. Cek SimPKB (Sim PPG)

Segala bentuk program Kemdikbudristek saat ini telah terintegrasi dengan SimPKB Login | SIMPKB (kemdikbud.go.id). Maka untuk melihat status kelulusan Anda. Cek selalu aplikasi SimPKB Anda. Pengalaman saya, kelulusan akan disampaikan pada Beranda SimPKB. Seperti ini tampilannya jika lulus atau tidak lulus. Semoga pembaca website ini lulus semua.





2. Masuk ke SimPPG


Puji syukur teman-teman bisa lulus. maka klik SELENGKAPNYA dan Anda akan menuju pada SimPPG seperti gambar di atas. Jika tidak, usahakan pada pretest periode selanjutnya teman-teman lebih serius dan semangat. 

3. Kesediaan dan Lapor Diri

Setelah itu, maka Anda sebaiknya menunggu undangan untuk masuk di angkatan tertentu. Akan muncul format kesediaan. Isilah bersedia secepatnya karena jika Anda mengisi tidak tersedia, mungkin saja Anda akan masuk ke antrean paling bawah.

Penulis rasa, untuk PPG tahun ini tidak akan selama PPG tahun sebelumnya. Maka ada beberapa berkas yang harus dipersiapkan saat lapor diri ke LPTK tempat Anda ditentukan. Adapun berkas sesuai pengalaman tahun sebelumnya adalah:
a. Ijin Kepala Sekolah
b. Fakta Integritas
c. Surat Keterangan Sehat
d. Surat Keterangan Bebas Napza
e. dll