Dua Manfaat Utama Akun Belajar.id bagi Guru

Bagai badai besar yang menggempur dunia pendidikan, Covid-19 membuat insan pendidikan memutar otak untuk mengdaptasi pendidikan. Mulai dari meja-meja rapat pada tingkat menteri, pimpinan-pimpinan daerah, kadisdik, dan sampai pada forum-forum dewan guru membicarakannya. Tujuannya adalah agar di Indonesia tidak terjadi learning loss. Kita telah bersama tau bagaimana efek jika beberapa generasi terkena learning loss ini.

Salah satu inovasi adaptasi dari Kementerian Pendidikan yang bermanfaat adalah tersedianya akun belajar.id bagi Guru. Saya melihat, akun ini bekerjasama dengan flatform besar yaitu Google karena fiturnya mirip dengan Google Suite for Education. Namun dari sekian banyak fitur yang disematkan, ada dua menurut penulis dari sekian fitur yang sangat bermanfaat. Apa itu dan bagaimana cara memanfaatkan? Simak uraian berikut ini:

1. Google Drive


Perkembangan media penyimpanan yang saya rasakan cukup beragam. Mulai dari kenalnya saya pertama kali dengan disket. Kemudian berkembang menjadi Compact Disk (CD), flash disk, hard disk drive (hdd), solid state disk (ssd). Namun saat ini yang sering digunakan oleh Guru 4.0 adalah penyimpanan awan (cloud). Google Drive adalah salah satu cloud drive yang paling mempuni. Namun jika akun anda hanya akun umum, maka kapasitas yang diberikan hanya 15 Gb saja. Dengan hadirnya akun belajar.id ini, maka penyimpanan yang dapat digunakan adalah unlimited/tidak terbatas. Saya sering menyimpan perangkat pembelajaran, media pembelajaran, tugas siswa dan nilai dalam google drive ini. Selain itu, bisa juga diaktifkan file bersama (shared drived) sesama guru dan pegawai sehingga file-file sekolah dapat diakses dengan mudah. Yang pastinya membutuhkan koneksi internet dalam mengakses. 

2. Google Meet



Jika Anda menggunakan Google Meet dari akun belajar.id, maka tidak ada batasan durasi dan peserta untuk masuk ke dalam forum. Jadi pembelajaran yang dirancang daring syncronus dapat lancar dilaksanakan. Itulah keunggulan akun belajar.id dibandingkan aplikasi video conference lainnya. Guru dapat berkreasi dalam pertemuan virtual agar tetap terjadi touch dalam pembelajaran.

Jika Anda memiliki pengalaman yang bermanfaat dari fitur belajar.id lainnya, silahkan tulis di kolom komentar dan sertai cara pemanfaatannya. Terima kasih.