Persiapan Akhir Sebelum Seleksi Akademik PPG (Pretest)

 


Banyak calon peserta yang kelabakan dalam mempersiapkan seleksi akademik PPG atau sering disebut pretest PPG. Pasalnya, tahun ini merupakan pertama kalinya pretest diselenggarakan berbasis domisili. Apa artinya? Singkatnya calon peserta PPG bekerja di tempatnya masing-masing dengan persiapan teknis yang cukup rumit. Apalagi, calon peserta belum siap secara materi tes.

Berikut adalah pengalaman saya dalam mengikuti ujian berbasis domisili. Setidaknya secara faktual dan teknis dapat Bapak/Ibu calon peserta antisipasi.

1. Laptop

Pakailah laptop dalam pretest. Sesuaikan spesifikasi dengan syarat minimal dari Kemdikbud. Bahkan jika memungkinkan, bisa lebih dari minimum requarment. Alasan dipakai laptop adalah backup baterai yang dapat mengcover jika listrik padam. Tidak sedikit peserta tes yang berasal dari daerah 3T. Pasokan listrik yang tidak menentu bukan alasan gagalnya peserta saat tes.

Jangan lupa pula handphone untuk Zoom sebagai pengawasan. Pastikan baterai diatas 60 persen dan charger yang standby. Waktu tes sebanyak 120 menit  cukup meguras daya di handphone saat Zoom dengan pengawas. Pastikan juga caera dan spesifikasi lain yang disyaratkan sesuai atau lebih baik.

2. Koneksi Internet

Saya sambungkan koneksi internet dengan 2 cara. Menggunakan kabel LAN adalah cara pertama. Disertai dengan backup internet dari hotspot pada handphone. Sebelum memulai pengerjaan tes, pengawas meminta menunjukkan pangkal LAN yang saya pakai. Pengawas mengantisipasi LAN dipakai untuk monitor ke-2 dan pengerjaan dijoki oleh orang lain. Jangan lalukan hal itu, karena bisa saja kita dikeluarkan dari tes bahkan diblacklist. Pada internet LAN, saya memakai provider Bi*net dengan bandwith 75Mbps. Sedangkan pada hotspot menggunakan provider (3). Siapkan kuota minimal 10 Gb. 

3. Makan & Minum

Peserta tes tidak boleh makan. Jika minum dipersilahkan tentunya dengan ijin pengawas. Botol minuman tidak boleh berisi stiker apapun. hanya air putih secukupnya.

4. Buang Air Kecil

Saya tidak terpikir untuk buang air saat tes. Karena begitu fokus dengan tes. Saya mendengar cerita dari rekan lain yang menggunakan waktu untuk buang air. Handphone yang dipakai untuk Zoom dibawa sampai depan pintu kemudian diletakkan. Setelah selesai, peserta kembali ke tempat semula. Menurut saya, sebaiknya buang air 1 jam sebelum mengerjakan tes.

5. Gangguan Lain

Mungkin ada gangguan lain insidental yang dapat diantisipasi diantaranya:

a. Tetangga memotong rumput dengan mesin

b. Di rumah tetangga ada konstruksi bangunan

c. Rumah yang dekat jalan terdapat bisingnya kendaraan

d. Pemadaman listrik

e. Gangguan binatang dan serangga

f. Dipanggil oleh keluarga karena dianggap  bermalas-malasan

g. Ditelpon, notifikasi email, dan medsos lain dari teman

h. dll