Desain Seleksi Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022

Pintu PPG Prajabatan semakin terbuka lebar. Khusus bagi lulusan D4/S1 akan diberikan kesempatan yang seluas-luasnya. Mengingat PPG Dalam Jabatan difokuskan bagi Guru yang sudah bertugas dan terdata lama di Dapodik.

Mendengar berita dibukanya PPG Prajabatan secara umum, maka muncul berbagai pertanyaan yang menyangkut tahapan-tahapan seleksi yang akan dijalankan. Berikut ini adalah desain seleksi PPG Prajabatan sehingga calon peserta dapat mempersiapkannya dengan baik.


Seleksi calon mahasiswa PPG Prajabatan 2022 dimulai dengan Tahap Awal, baru nanti diikuti dengan Tahap Akhir. 

Tahap Awal

1. Biodata & Pengalaman

Pada proses calon mahasiswa akan menginput berbagai data awal seperti pengalaman mengajar, pengalaman pelatihan, pengalaman berorganisasi, pengalaman bekerja serta aktivitas dan hobi. Penginputan data ini berupa data esai yang dimasukkan ke sistem pendaftaran PPG Prajabatan tahun 2022. 

2. Knowledge & Skill

Sub tahap ini meliputi tes substantif. Tes substantif meliputi tes penguasaan konten dan tes kemampuan dasar yang terdiri dari literasi dan numerasi. Penguasaan konten terdiri dari bidang ilmu yang dikuasai dalam kualifikasinya seperti Geografi, Sejarah, Matematika, Perhotelan dll. Sedangkan kemampuan dasar literasi & numerasi meliputi tes pilihan ganda sejenis dengan tes kompetensi dasar (TKD) namun lebih pada contoh-contoh nyata. 

Tahap Akhir

Tes tahap akhir meliputi tes wawancara. Isi tes wawancara adalah tes kompetensi, kepribadian, motivasi dan kognitif kaitannya dengan tujuan menjadi guru profesional dan panggilan diri mencerdaskan kehidupan bangsa.


Demikian desain seleksi PPG Prajabatan yang mungkin akan dijalankan oleh calon mahasiswa. Semoga di setiap perjalanan seleksi dikaruniai kelancaran oleh Tuhan Yang Maha Esa mengingat menjadi Guru adalah tugas yang mulia.