Apakah Jam Mengajar Kurikulum Merdeka diakui infoGTK?


Aplikasi infoGTK terlihat telah meninggalkan versi Uji Cobanya. Maka dari itu, sudah dipastikan pencairan TPG periode Juli- Desember 2022 akan segera berlangsung. Namun, berdasarkan penerapan Kurikulum Merdeka ada beberapa pertanyaan besar apakah semua jam (intra+projek) akan diakui? Mari kita bersama simak elaborasinya berikut ini.
Kurikulum Merdeka telah secara luas diimplementasikan di Indonesia. Berdasarkan data di situs resmi Kemdikbudristek, sebanyak 143.265 satuan pendidikan ikut serta. Implementasinya mulai dari jenjang PAUD sampai SMA/SMK. Sedangkan jenis implementasi mulai dari merdeka belajar, merdeka berubah, dan merdeka berbagi. Nah hampir seluruh pendidik di satuan pendidikan itu mempunyai pertanyaan yang sama apakah jam mengajarnya akan diakui atau tidak.

Berdasarkan data di bawah ini, penulis mengambil sampel salah satu Guru Mapel Geografi di satuan pendidikan terkenal di Bali. Berdasarkan tabel di bawah, guru mengajar di SMA Negeri 1 Gianyar  diantaranya kelas X1 s.d X12. Tingkatnya kelas 10 paralel sejumlah 12 kelas. Kurikulum yang digunakan adalah Kurikulum Merdeka pada tingkat SMA. Dilaksanakan pada semester 1 tahun 2022. Meloncat pada data jumlah jam mengajar (JJM), pada struktur kurikulum dialokasikan 3 JP/Minggu. Pada dapodik 3JP/Minggu dan Diakui 3JP/Minggu. Itu artinya seluruh JP diakui baik intrakulikuler maupun kegiatan proyek.
 


Berdasarkan penjelasan data tersebut, maka jawaban pertanyaan mengenai jam mengajar diakui atau tidak pada aplikasi infoGTK sudah terjawab dengan jelas. Bapak/Ibu Guru jangan khawatir dan tetap fokus mengajar. Kita percayakan urusan kesejahteraan Guru merupakan tanggung jawab pemerintah dan kita yakini beliau-beliau yang mengurusi hal itu akan berbuat amanah. Mengingat tugas guru merupakan tugas yang mulia.