P1 P2 P3 Baca Ini! Jadwal Seleksi PPPK Guru Tahun 2022

 Akhirnya proses seleksi PPPK Guru Tahun 2022 dimulai. Melalui berbagai kabar dan isu beberapa bulan terakhir Pemerintah resmi mengadakan seleksi PPPK Guru Tahun 2022. Bagaimana jadwalnya? mari kita simak infografis di bawah ini.

Adapun kategori pelamar PPPK Guru Tahun 2022 yaitu:

1. Pelamar Prioritas

Pemenuhan kebutuhan guru melalui pengadaan PPPK untuk JF Guru tahun 2022 mendahulukan pelamar prioritas, sebagai berikut.

a. Pelamar Prioritas I

Pelamar Prioritas 1 merupakan peserta yang telah mengikuti seleksi PPPK untuk JF Guru Tahun 2021 dan telah memenuhi Nilai Ambang Batas. Pemenuhan kebutuhan guru dari kategori pelamar prioritas I dilakukan berdasarkan urutan sebagai berikut.

1) THK-II yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK untuk JF Guru Tahun 2021.

2) Guru non-ASN yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK untuk JF Guru Tahun 2021.

3) Lulusan PPG yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK untuk JF Guru Tahun 2021.

4) Guru Swasta yang memenuhi Nilai Ambang Batas pada seleksi PPPK untuk JF Guru Tahun 2021.

b. Pelamar Prioritas II

Pelamar prioritas II merupakan THK-II yang tidak termasuk dalam THK-II pada kategori pelamar prioritas I.

c. Pelamar Prioritas III

Pelamar prioritas III merupakan Guru non-ASN yang tidak termasuk dalam Guru non-ASN kategori pelamar prioritas I di satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dan memiliki keaktifan mengajar minimal 3 (tiga) tahun atau setara dengan 6 (enam) semester pada Dapodik.

2. Pelamar Umum

Pelamar umum terdiri atas:

a. Lulusan PPG yang terdaftar pada database kelulusan Pendidikan Profesi Guru di Kemendikbudristek; dan

b. pelamar yang terdaftar di Dapodik.

 

Ada 18 rundown dalam timeline yang dikeluarkan oleh kementerian. Secara umum, jadwal ini dibagi menjadi beberapa cakupan diantaranya:

1. Pengumuman Seleksi

Pengumuman seleksi disampaikan melalui beberapa metode dan kanal seperti surat resmi, sosialisasi lewat Zoom oleh BKD dan dinas-dinas terkait. Tetap ikuti berita terkini agar tidak ketinggalan informasi.

2. Pendaftaran

Walaupun kabarnya seleksi PPPK Guru dilalui tanpa tes, namun setelah mengupload berkas peserta harus mempersiapkan diri. 

3. Seleksi Administrasi

Pastikan data dan kualifikasi Anda sesuai dengan formasi sehingga peluang untuk mendapatkan formasi semakin tinggi.

4. Penilaian

PPPK tahun ini unik karena terdapat beberapa penilaian oleh pimpinan langsung. Penilaian diantaranya oleh guru sejawat, kepala sekolah dan pengawas. Jadi tetap tunjukkan kinerja Anda di sekolah saat ini.Karena jika nanti dibuka formasi sesuai jurusan Anda, Anda bisa langsung fokus dinilai oleh atasan.

5. Pengumuman

Pengumuman juga selalu diselingi oleh masa sanggah. jadi ketatkan administrasi Anda supaya benar-benar sesuai dengan persyaratan agar saat pengumuman kelulusan Anda mutlak.