P1 PPPK Jangan Senang Dulu, Baca Mekanisme Turun Prioritas Berikut Ini?!

 Rekrutmen ASN khususnya PPPK Guru memiliki mekanisme yang cukup kompleks. Mulai dari seleksi yang tanpa tes hingga pengkategorian berdasarkan prioritas. Belum lagi syarat administrasi serta kualifikasi, ketersedian formasi lowongan dan masih banyak lagi lainnya. Maka dari itu, menurut penulis penting untuk membaca petunjuk teknis rekrutmen PPPK Guru secara utuh agar mampu menerapkan strategi-strategi jitu agar loloas dan diangkat PPPK.

Walaupun sudah bertengger di P1, ternyata masih ada keraguan khususnya mengenai formasi yang akan ditempati. Ternyata juga BKN telah merancang mekanisme untuk turun prioritas bagi P1 yang tidak dapat formasi. Bagaimana caranya? Berikut caranya:

  1. Kunjungi situs BKN SSCN
  2. Login menggunakan username dan password
  3. Pada Aplikasi klik tombol Turun Status
  4. Pelamar akan mendapatkan notifikasi.
  5. Lihat prioritas baru di kolom status prioritas.



Kesimpulannya adalah perlamar harus selalu sigap. Sigap mencari informasi formasi dan statusnya di sistem sscn. Sampai SK dikeluarkan, sebelum itu akan ada kemungkinan perubahan yang terjadi. Tetap jeli dan cermat menyimak informasi. Baca juknis dan ikuti/tonton video yang membahas PPPK Guru. Baca juga surat dari pemerintah daerah yang mengeluarkan keterangan jumlah formasi yan dibutuhkan.
Selamat berjuang!!!