Istilah Yang Perlu Diketahui Sebelum Naik Pesawat

 


Perjalanan di era new normal memiliki beberapa perbedaan dengan sebelum covid19. Salah satunya adalah perjalanan udara. Banyak hal yang mengalami adaptasi dengan protokol-protokol penanganan covid19 dan standar-satandar lain yang biasa dilaksanakan. Perjalanan udara memang memiliki kekhususan tersendiri mulai dari fasilitas, prosedur, dan biaya yang dibutuhkan untuk menaiki akomodasi tersebut.

Jika akan menumpang di angkutan udara untuk pertama kali apalagi berangkat sendiri, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Tiket

Pemesanan tiket pesawat saat ini sudah mudah dilakukan. Cukup dengan menggunakan aplikasi seperti Traveloka atau Tiket.com. Jika Anda menggunakan jasa tour/travel, pengetahuan mengenai tiket digital juga perlu dilakukan. Tiket saat ini sudah berbentuk digital dalam format pdf. Di sana sudah tertera waktu keberangkatan, terminal keberangkatan, nomor penerbangan, nomor kursi dan boarding time, berat bagasi, dll.

2. Check in, Boarding Time dan Boarding Pass

Anda hendaknya datang minimal 1 jam sebelum pesawat lepas landas (take off). Saat telah berapa di bandara, segera cari terminal tempat anda berangkat. Masuk dengan menunjukkan tiket pada petugas. Kemudian datang ke gerai maskapai dan tunjukkan tiket serta KTP. Jika Anda membawa barang dalam koper, sebaiknya titip di bagasi. Nanti akan diurus oleh pihak maskapai. Setelah itu anda akan diberikan boarding pass sejenis lembaran kertas berisi informasi Anda dan penerbangan Anda. 

3. Gate

Pada boarding pass, terdapat keterangan gate (gerbang) anda akan memasuki pesawat. Datang ke gate tersebut minimal 30 menit sebelum penerbangan. Anda memasuki pesawat dengan menunjukkan boarding pass dan KTP. Pastikan barang Anda yang lain sudah terbawa karena saat menunggu masuk pesawat banyak yang melakukan kegiatan lain seperti cas HP, belanja dan pergi ke toilet.

4. Seat

Kursi Anda duduk sudah bisa ditentukan saat membeli tiket. Biasanya traveler/penumpang menyukai duduk dekat dengan jendela karena asyik saat melihat pemandangan ke depan. Segera duduk di tempat/kursi Anda. Ikuti prosedur keamanan dan kenakan sabuk pengaman. Selama penerbangan jika menggunakan maskapai yang bagus dan biaya yang tinggi, anda akan diberikan makan baik itu makan ringan, sarapan, makan siang atau malam sesuai penerbangan Anda.

5. Bagasi

Setelah tiba di tujuan dengan selamat, Anda dapat keluar dari pesawat. segera menuju ke tempat pengambilan bagasi. Ambil barang Anda dan Anda dapat menuju ke rumah/hotel dengan selamat.


Saat berada di bandara dan pesawat akan terasa cukup dingin karena AC. Jika merasa diri tidak kuat dengan dingin maka sediakan jakat atau bisa juga meminta selimut ke pramugari.