Kerangka Desain PPG Prajabatan 2022

 


PPG Prajabatan Tahun 2022 akan segera dilaksanakan. Pastinya para calon mahasiswa yang baru saja lulus D4/S1 sangat antusias untuk ikut berpartisipasi. Bagaimana tidak, tiket untuk menjadi Guru Profesional di Indonesia harus mengantongi sertifikat pendidik yang  merupakan output dari PPG baik Dalam jabatan maupun Prajabatan.

PPG Prajabatan Tahun 2022 di-desain dalam alur tertentu. Terdapat enam proses diantaranya adalah:

1. Tes A: Ujian Masuk

Ujian masuk atau sering disebut dengan pretes/tes akademik dilaksanakan sebelum dinyatakan sebagai mahasiswa PPG. Seleksi ini biasanya dilaksanakan setelah ada undangan/pendaftaran di SimPPG/SimPKB. Tahun 2022, pretes PPG Prajabatan didesain untuk melewati dua tahap tes yaitu tes awal dan tes akhir. Desain Seleksi Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022 - Kabar Masa Kini (sumartikaiwayan.com)

2. Orientasi

Orientasi adalah pengenalan Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Melalui proses orientasi, mahasiswa diharapkan dapat nyaman untuk melaksanakan pendidikan dan mengoptimalkan kemampuannya. Sebelum orientasi, biasanya dilaksanakan terlebih dahulu Pelaporan Diri.

3. Semester 1

Pendidikan di semester 1 PPG Prajabatan didesain untuk melewati 19 SKS diantaranya 13 SKS Perkuliahan Berorientasi Praktik dan 6 SKS Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). PPL di semester 1 bertujuan untuk pengamatan terhadap siswa dan belajar mengajar mata pelajaran.

4. Semester 2

Semester 2 PPG Prajabatan juga harus melalui 19 SKS. 

9 SKS perkuliahan berorientasi praktik. 

1 SKS proyek kepemimpinan

10 SKS PPL (Collabration Teaching & Leading Teaching)

5. Tes B: Kelulusan Program

Tes B terdiri dari Uji Kinerja yaitu praktik mengajar dan portofolio. Kemungkinan juga untuk tahun ini dikemas dengan format lain.

6. Tes C: Kelulusan Sertifikasi

Tes C terdiri dari Uji Pengetahuan. Pada PPG Dalam Jabatan Tes B dan C biasanya disebut dengan Ujian Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG).